Tips Sukses Berbisnis Jamur Kuping

Tips Sukses Berbisnis Jamur Kuping

Berbisnis jamur kuping mungkin belum sepopuler berbisnis  jamur tiram. Namun keuntungan yang akan Anda peroleh dari berbisnis jamur kuping tak kalah besarnya dengan keuntugan berbisnis jamur tiram.

Bisnis jamur sendiri merupakan salah satu model bisnis yang sedang naik daun. Makanya tak heran jika banyak orang yang memilih membudidayakan jamur di lahan mereka. selain mudah dalam perawatan, membudidayakan jamur juga lebih cepat mendatangkan keuntungan.

Dengan banyaknya permintaan akan jamur kuping dan sedikitnya suplai dari para petani, maka sudah dapat dipastikan para pegiat usaha jamur kuping akan memperolah hasil yang memuaskan.

Dalam menjalankan budidaya jamur kuping, modal utamanya adalah ketekunan dan tak mudah menyerah. Walaupun mudah menguntungkan dan mendatangkan penghasilan, namun jika salah cara, maka bukannya tidak mungkin Anda akan mengalami kerugian.

Memang sudah banyak sekali bukti yang menunjukan para pegiat bisnis jamur kuping memperoleh keuntungan yang besar dan relative lebih cepat, namun kami sarankan Anda jangan terjebak dalam keuntungan saja. Anda harus memahami seluk beluk bisnis jamur kuping terlebih dahulu agar tidak mengalami kendala yang berarti saat langsung menekuni bisnis jamur kuping nantinya.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai budidaya jamur kuping diantaranya adalah;

Efisiensi biaya produksi

Bukan hanya dalam bisnis jamur tiram saja, efisiensi biaya produksi juga mutlak dilakukan dalam setiap bisnis apapun. Gunakanlah biaya produksi seefisien mungkin untuk menekan terlalu banyak pengeluaran di awal merintis usaha jamur kuping.

Rawat jamur dengan baik dan benar

Melakukan perawatan jamur kuping memang susah susah gampang. Upayakan agar kontaminasi tidak lebih dari 10% agar Anda memperoleh keuntungan setinggi tingginya.

Bila perawatan jamur kuping kurang diperhatikan, paling lama jamur kuping akan bereproduksi selama tiga tahun saja, setelah itu jamur kuping akan mati dan tidak bertunas lagi.

Perhatikan kebersihan lingkungan

Dalam melakukan budidaya jamur kuping, Anda harus ekstra hati hati dalam memilih pestisida (Untuk Anda yang menggunakannya), salah pestisida bisa berakibat sangat fatal untuk konsumen jamur kuping yang Anda budidayakan.

Anda dianjurkan untuk menggunakan bahan bahan alami seperti misalnya jerami, tongkol jagung, eceng gondok, serbuk gergaji atau bahkan bisa juga dengan memanfaatkan limbah sawit.

Lebih inovatif

Perdalamlah ilmu bisnis jamur kuping Anda dan jangan merasa mudah puas dengan apa yang sudah Anda raih. Anda bisa mengembangkan bisnis budidaya jamur kuping ke bisnis kuliner jamur kuping. Tidak ada yang mustahil kalau Anda mau berusaha.
Itulah beberapa tips sukses berbisnis jamur kuping yang bisa kami bagikan kepada Anda, semoga bermanfaat.