Ringkasan Perkiraan Harga Emas 15-19 Mei 2023 XAUUSD

Ringkasan Perkiraan Harga Emas 15-19 Mei 2023 XAUUSD


Selamat Jumat,
para pedagang. Selamat datang di ringkasan pasar mingguan kami, di mana kita melihat kembali lima hari perdagangan terakhir dengan fokus pada berita pasar, data ekonomi, dan headline yang paling berdampak pada harga emas dan aset terkait kunci lainnya—dan mungkin akan terus berdampak di masa depan.

Harga emas pada hari Jumat hampir pasti akan menyelesaikan minggu pertama penurunan yang signifikan setelah performa yang sangat positif dalam beberapa bulan terakhir.


Jadi, seperti apa minggu ini? Seperti yang diharapkan, pergerakan pasar emas minggu ini lebih ditentukan oleh aliran headline seputar negosiasi batas utang AS (dan, di akhir pekan ini, proyeksi jalur suku bunga FOMC) daripada aliran data makroekonomi. Hal ini disebabkan oleh urgensi pembicaraan batas utang, implikasi pasar dari kebuntuan yang berkepanjangan, dan kalender data yang relatif sedikit. Yang kami akui agak tidak terduga adalah seberapa negatifnya reaksi harga emas terhadap aliran laporan yang lambat namun tetap seputar pembicaraan anggaran antara eksekutif dan pemimpin legislatif AS.


Perdagangan emas pada hari Senin terlihat berkisar pada posisi investor dan manajer dalam persiapan untuk minggu negosiasi dan kemungkinan headline, yang secara bertahap menekan harga emas sepanjang hari. Meskipun demikian, setidaknya untuk sesi pertama minggu ini, dukungan yang telah mengkonsolidasikan harga emas di level $2.000 per ons tampaknya menjadi pembatas yang dapat diandalkan.


Laporan Penjualan Ritel untuk bulan April pada hari Selasa, yang menjadi sorotan utama dalam kalender ekonomi minggu ini, diperkirakan akan menjadi faktor negatif bagi harga emas. Dianggap bahwa jika data yang dirilis mendekati ekspektasi pemulihan pertumbuhan ritel, hal ini akan diartikan sebagai sinyal bagi Federal Reserve untuk terus menaikkan suku bunga, bahkan bulan depan jika diperlukan. Angka pertumbuhan Penjualan Ritel yang dilaporkan untuk bulan April ternyata di bawah proyeksi konsensus (+0,4% MoM, dibandingkan dengan +0,8%), meskipun masih menunjukkan pemulihan penting dibandingkan dengan kontraksi bulan sebelumnya. Setelah lonjakan harga emas yang mengindikasikan sentimen risiko negatif dan sementara mengangkat harga logam mulia di atas $2010, harga emas kemudian memudar ketika investor mencerna laporan tersebut.


Tak lama setelah pasar dibuka pada pagi hari yang sama, laporan tentang negosiasi batas utang mulai beredar. Headline awal terlihat campur aduk, tetapi menjelang pertengahan pagi, mereka mulai sedikit optimis, dan dinamika ini meningkatkan tekanan pada harga emas, memungkinkan grafik memotong dengan relatif lancar di bawah level dukungan sebelumnya di level kunci $2.000 per ons.


Arus keluar dari emas melambat pada Selasa malam dengan harga spot sekitar $1990, dan perdagangan Rabu jauh lebih stabil berkat kurangnya laporan baru tentang situasi utang AS, tetapi logam kuning ini melepas $10/ons lagi karena tampaknya terkuras oleh kombinasi penutupan kerugian posisi long emas yang lebih baru dan penutupan posisi lama mungkin untuk mengambil keuntungan sebelum turun lagi.


Pada hari Kamis, berdasarkan laporan, kerangka kesepakatan kenaikan batas utang "menit terakhir" mulai terbentuk. Percepatan narasi ini membuat harga emas jatuh lagi, mengirim logam ini pada penurunan yang tidak akan menemukan level yang stabil hingga waktu makan siang, sedikit di atas $1950/ons dan level terendah dalam tujuh minggu untuk tawaran emas. Dengan memperhatikan situasi sekarang, dinamika yang memberikan hambatan berat pada harga emas tampaknya sebagai berikut: kondisi keuangan yang ketat dan tidak diinginkan yang akan tercipta akibat default pertama utang pemerintah AS sejak tahun 1970-an diproyeksikan akan memicu resesi AS yang serius hampir seketika dan, sebagai hasilnya, memaksa The Fed tidak hanya untuk menghentikan kenaikan suku bunga tetapi juga memberikan bantuan dan dukungan dalam bentuk pemotongan suku bunga dalam waktu singkat; sebagai kontrapoin, kemungkinan kemajuan pembicaraan mengenai utang ini tampaknya ditafsirkan oleh pasar sebagai sinyal lain—serupa dengan data Penjualan Ritel pada hari Selasa, tetapi lebih kuat—bahwa FOMC (Federal Open Market Committee) merasa kurang tekanan untuk melanjutkan ke arah penundaan dan pemotongan suku bunga sesuai rencana yang mereka tetapkan. Jadi, meskipun saham AS memulai reli yang baik dan berlanjut hingga Jumat, pada sebagian besar kelas aset utama lain yang kami pantau dengan cermat, kami melihat reaksi serupa terhadap segala sesuatu yang datang sebagai suatu bentuk input yang lebih hawkish dari The Fed selama 12 bulan terakhir: harga emas turun saat Dolar menguat dengan momentum, dan imbal hasil obligasi AS 10 tahun melonjak melewati +3,6%.


Di luar pola untuk fase pendakian ini, penampilan publik oleh Ketua Federal Reserve, Jerome Powell, pada Jumat pagi memberikan beberapa kelegaan bagi emas setelah mengalami tiga hari kerugian berturut-turut. Dalam pertemuan kebijakan moneter di DC, Powell memberikan penjelasan yang lebih eksplisit - dari sumber yang terpercaya - tentang pemikiran yang telah berkembang sejak Maret; bahwa ketegangan implisit yang diakibatkan oleh bank-bank yang mundur dari pemberian pinjaman setelah kejatuhan SVB dan bank "lebih kecil" lainnya mungkin akan mengurangi tingkat kebutuhan Fed untuk menaikkan suku bunga kebijakan guna memperlambat perekonomian dalam upaya menahan inflasi. Hal ini telah membatalkan sebagian dampak pergerakan pasar pada hari Kamis, terutama terhadap harga emas yang terus naik secara stabil pada hari Jumat dan berpotensi menutup minggu ini mendekati $1980/ons, yang akan menghapus kerugian sejak Rabu malam.


Pertanyaan yang muncul menjelang pembukaan minggu depan adalah narasi mana yang akan mendominasi dalam tarik-menarik ini dan, sebagai penggerak dominan sentimen pasar, akan menunjukkan ke arah pemulihan terus-menerus bagi emas atau kembali meluncur jauh dari pemulihan menuju $2000.


Sementara itu, para pedagang, saya harap Anda dapat menikmati akhir pekan dengan aman selama beberapa hari ke depan. Setelah itu, saya akan melihat semua orang kembali di sini minggu depan.