Harga Minyak WTI & Brent Saat Ini 2023

Harga Minyak WTI & Brent Saat Ini 2023


Harga minyak
mentah Brent secara real-time berada pada $75,81 per barel, sedangkan harga minyak mentah WTI berada pada $71,93 per barel. Harga minyak umumnya dikutip dalam dolar (USD) di seluruh dunia, tidak hanya di Amerika Serikat atau saat merujuk pada minyak mentah AS.

Harga minyak mentah Brent hari ini berada di $75,81 per barel, turun sebesar 0,22% dari hari perdagangan sebelumnya. Dibandingkan dengan satu minggu yang lalu ($74,14 per barel), harga minyak Brent naik sebesar 0,48%. Minyak mentah Brent dibuka pada tahun 2020 dalam tren naik yang dimulai pada November 2020 dari $38,84 per barel dan melanjutkan reli hingga $68,72 per barel hingga awal Maret 2021. Sejak harga pembukaan tahun 2022 sebesar $78,09 per barel, harga minyak mentah Brent hari ini tidak dapat ditemukan data harganya untuk tanggal 1 Januari 2022.


Harga minyak mentah WTI turun 0,17% dibandingkan dengan hari perdagangan sebelumnya. Harga minyak mentah WTI hari ini sebesar $71,93 per barel, naik sebesar 0,84% dibandingkan satu minggu yang lalu pada $70,11 per barel. Minyak mentah WTI juga dibuka pada tahun 2021 dengan tren naik pada harga $48,27 per barel. Minyak mentah WTI mengalami serangkaian reli dan penurunan hingga mencapai harga tertinggi dalam setahun sebesar $84,06 per barel pada akhir Oktober 2021. Dibandingkan dengan harga pembukaan tahun 2022, data harga minyak mentah WTI tidak tersedia untuk tanggal 1 Januari 2022.


Panduan ini menjelaskan dengan tepat apa yang diwakili oleh harga minyak spot dan faktor-faktor apa yang menentukan harga langsung yang terus bergerak. Kami juga menjelaskan apa yang dimaksud dengan campuran minyak (seperti Brent dan WTI), serta cara Anda dapat berspekulasi pada harga minyak mentah langsung tanpa harus membeli barel fisik. Lanjutkan membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang harga minyak mentah langsung yang Anda lihat secara historis atau pada hari-hari perdagangan aktif.


Apa Itu Harga Minyak Mentah Brent? 


Cara sederhana untuk memahami harga minyak mentah adalah dengan memecahkan arti istilah kompleks seperti 'harga minyak mentah Brent': Brent — jenis campuran minyak, dibandingkan dengan campuran minyak lain seperti West Texas Intermediate (WTI) Minyak mentah — aset fisik yang dibeli atau dijual, dalam hal ini, minyak mentah dengan pengolahan minimal Harga spot — indikator harga saat ini di mana aset dapat dibeli atau dijual di pasar Jadi, ketika Anda melihat label harga 'harga minyak mentah Brent', itu merujuk pada harga pasar saat ini minyak mentah campuran Brent. 


Harga spot menunjukkan biaya di mana minyak mentah Brent dapat dibeli atau dijual. Harga minyak biasanya dikutip per barel — hal ini juga berlaku untuk harga minyak mentah Brent. Apa yang Mempengaruhi Harga Minyak? Minyak mentah diekstraksi dari cadangan minyak bumi di bawah tanah. Pada kasus minyak mentah Brent, cadangan ini terletak di bawah dasar laut, sedangkan minyak mentah WTI diekstraksi dari cadangan yang terletak di daratan kering. 


Itu adalah komponen pertama dari harga minyak — proses ekstraksi dan peralatan yang diperlukan. Selain dari pekerjaan fisik dalam mengumpulkan dan memproses minyak, regulasi pasar adalah penentu harga sebenarnya dari harga minyak mentah spot. Regulasi pasar minyak mentah mengontrol pasokan dan dinamika, dan dengan demikian harga, berdasarkan faktor-faktor seperti: 


Politik: Ketersediaan minyak dan sarana yang diperlukan untuk mengakses minyak tersebut dapat menyebabkan konflik politik antara yurisdiksi domestik dan internasional. 


Sosial & Lingkungan: Peningkatan kesadaran akan pengaruh perilaku manusia terhadap lingkungan, yang menghasilkan standar yang lebih ketat untuk membenarkan penggunaan bahan bakar fosil berumur panjang seperti minyak mentah. OPEC sangat berpengaruh di sektor minyak mentah. 


Ekonomi: Tergantung pada pengaruh individu yang berkuasa di belakang rantai pasokan minyak, regulasi pasar dapat tunduk pada perubahan yang tampaknya tidak beralasan, yang menyebabkan fluktuasi harga yang tajam.