Cara Beternak Udang Dengan Mudah

Cara Beternak Udang Dengan Mudah

Tips Dan Cara Beternak Udang Dengan Mudah - Di Indonesia ini kita memiliki laut yang sangat luas, dari alam inilah kita dapat memanfaatkan segalanya. Dengan keindahan laut kita ini, dapat kita jadikan sebagai tempat wisata . dengan ombaknya yang besar kita dapat melakukan pelayaran dan olahraga. Sedangkan untuk hasil lautnya kita memiliki kekayaan yang sangat berlimpah, mulai dari ikan, rumput laut dan juga udang dll. Tapi sekarang ini banyak sekali orang yang membuang limbah ke dalam laut sehingga populasi binatang lautpun semakin berkurang. Biasanya binatang laut yang paling digemari dan menjadi salah satu komoditas ekspor Negara kita ini adalah udang. Namun jika populassinya berkurang maka kita juga akan susah untuk mendapatkan hewan ini. Untuk itu alangkah baiknya jika anda berusaha untuk membudidayakannya, dengan budidaya ini anda dapat mengumpulkan rupiah yang cukup besar.


Untuk lokasi tambak sebaiknya di daerah pantai atau di daerah yang tanahnya berpasir. Untuk air pada tambak lebih baik adalah air payau salinitas 0-33 ppt dengan suhu optimal 26 – 300C dan bebas dari pencemaran bahan kimia berbahaya. Lokasi tambak sudah pada daerah terbuka dan disinilah lokasi yang cocok untuk berternak udang, anda bisa membentuk petakan teratur untuk penempatan bibit udang ini


Udang merupakan hewan omnivora penghuni dasar termasuk pemakan organisme dasar yang makanan alaminya berupa plankton, moluska, siput, cacing, biji-bijian,kerang, ikan serta tumbuh-tumbuhan. Untuk ianda dapat member makan udang ini pada siang dan malam hari.


Udang yang baik biasanya memiliki warna tegas/tidak pucat baik hitam maupun merah, aktif bergerak, sehat dan mempunyai alat tubuh yang lengkap.


Pada tambak biasanya ada udang yang mati maupun kotoran sisa makanan yang bersifat racun, untuk itulah lahan perlu di bersihkan dengan cara di cangkul atau dengan pompa air. Serta pencangkulan juga berfungsi untuk membalik tanah agar terbebas dari gas beracun.Berilah pengapuran agar menetralkan keasaman tanah dan membunuh bibit-bibit penyakit dengan kapur Zeolit dan Dolomit.Lakukan pengeringan, setelah itu taburilah dengan pupuk agar lahan menjadi subur.