RAMALAN FUNDAMENTAL EURO: BULLISH

RAMALAN FUNDAMENTAL EURO: BULLISH


Euro memasuki minggu dengan posisi yang menguntungkan setelah komentar Ketua Federal Reserve Jerome Powell membuat probabilitas kenaikan suku bunga Federal Reserve "dovish" (kecenderungan untuk menurunkan suku bunga) direvisi. Kemungkinan kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin pada bulan Juni sekarang telah berkurang, sementara pejabat Bank Sentral Eropa (ECB) terus melanjutkan kebijakan yang lebih ketat.


Data Jerman akan menjadi perhatian utama dari sudut pandang eurozone karena Jerman merupakan negara ekonomi utama dan sering digunakan sebagai proksi untuk wilayah Uni Eropa. Namun, Amerika Serikat akan mendominasi headline dengan ketergantungan pada data yang semakin meningkat. Core PCE dan GDP AS menjadi sorotan dan dapat meruntuhkan komentar Jumat jika inflasi tetap tinggi. Angka core PCE adalah tingkat inflasi yang lebih disukai oleh Federal Reserve dan akan menarik perhatian lebih banyak ketika dirilis.


Dari perspektif batas utang, optimisme mengenai kesepakatan yang mungkin berhasil telah mengurangi daya tarik safe haven bagi dolar AS dan dapat mendukung euro seiring berjalannya minggu.